PENGARUH KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Dewi, Ucia Mahya (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4121131027 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4121131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4121131027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4121131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4121131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4121131027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4121131027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4121131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4121131027 BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4121131027 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4121131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan rata-rata siswa per-kelas ±40 orang siswa. Sampel siswa diambil sebanyak 20 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan kehomogenan kuesioner yang diberikan sebelum dilakukan perlakuan. Pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata hasil belajar 84,25 sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata hasil belajar 75,25. Hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,15 sedangkan ttabel = 1,686 untuk α = 0,05. Untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 3,15 sedangkan ttabel = 1,686 untuk α = 0.05 Dengan demikian thitung > ttabel, Maka uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing pada materi kelarutann dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSutiani, Ani196807301992032001
Call Number: SK-2016 KIM 048
Keywords: Model Problem Based Learning; Model Inkuiri terbimbing Media Macromedia Flash; Hasil Belajar Siswa; Aktivitas Belajar Siswa; Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9712

Actions (login required)

View Item View Item