MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2014/2015

Suryana, Endang (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6103311076 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar passing atasbola voli melalui pendekatan bermain pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IS3 dengan populasi 1 kelas sebanyak 32 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran melalui pendekatan bermain. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing atas bola voli. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa telah meningkat secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri dengan pemberian post-test siklus II dengan instrumen penelitian menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I.Pada tes siklus I yang dilakukan pada 32 orang siswa kelas XI IS3 yang menjadi subjek penelitian ini ternyata hanya 20 siswa (62,5%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa lainnya sebanyak 12 siswa (37,5%) yang belum memiliki ketuntasan dalam pembelajaran.Pada tes siklus II yang dilakukan sebanyak 32 siswa dalam penelitian ini, terdapat peningkatan siswa yang tuntas sudah mencapai 28 siswa (87%) yang tuntas dalam pembelajaran,sedangkan siswa yang lainnya sebanyak 4 siswa (13%) belum tuntas dalam pembelajaran. Pada kegiatan ini siswa sudah banyak yang terlihat faham dengan pelaksanaan kompetensi yang diajarkan. Pada siklus II ini nilai rata-rata siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal.Dengan demikian melalui pendekatan bermain pada materi passing atas bola voli yang dijadikan alternatif, terjadi peningkatan pembelajaran passing atas materi bola voli pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas XI IS3 SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2014-2015 dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusuf, M195212091981031005
Call Number: 796.325 071 2 Sur m
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Teknik Dasar; Passing Atas; Pendekatan Bermain
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item