UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) MELALUI METODE MENGAJAR ELEMENTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2014/2015

Tarigan, Ferri Diamond (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) MELALUI METODE MENGAJAR ELEMENTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6103311092 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6103311092 COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6103311092 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6103311092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6103311092 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6103311092 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6103311092 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6103311092 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6103311092 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6103311092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6103311092 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6103311092 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6103311092 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6103311092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6103311092 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6103311092 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6103311092 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6103311092 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6103311092 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6103311092 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6103311092 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6103311092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya bebas Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 1 bulan dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 35 siswa-siswi, yang terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar renang gaya dada sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 7 orang siswa (20%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 28 orang siswa (80%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 59,99%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 17 orang siswa (48,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang siswa (51,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,28%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 30orang siswa (85,7%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 5 orang siswa (14,3%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 80,47%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 9,29 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 11,19%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan penerapan metode elementer dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas SMA Negeri 1 Kabanjahe Kab.Karo Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 797.210 712 Tra u
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani; Metode Mengajar; Renang Gaya Bebas; Teknik Dasar; Metode Elementer
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 04 Nov 2016 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item
View Item