UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELEMPAR DALAM PERMAINAN SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA/SISWI KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Rahmana, Putri (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELEMPAR DALAM PERMAINAN SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA/SISWI KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6102112019 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 CHAPTER1.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 CHAPTER5.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6102112019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melempar dalam permainan softball melalui variasi pembelajaran pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan variasi pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Subjek penelitian sebanyak 36 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar melempar dalam permainan softball sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I, dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,55%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,45%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 69,91. 2) Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 32 orang siswa yang tuntas (88,88%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (11,12%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 77,08.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Melempar Dalam Permainan Softball Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa/Siswi Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuharjo, 196405081992031002
Call Number: 796.357 807 12 Rah u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Variasi Pembelajaran; Jenis-jenis Variasi; Softball
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9445

Actions (login required)

View Item View Item