UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PEMBELAJARAN MERAIH BOLA KASTI YANG DIGANTUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Sihotang, Goklas Martua (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PEMBELAJARAN MERAIH BOLA KASTI YANG DIGANTUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
609112027 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112027 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pembelajaran meraih bola kasti yang digantung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajarpada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajaran meraih bola kasti yang digantung. Selanjutnya dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik lompat jauh dalam sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajarsebelum menggunakan penerapan model pembelajaran meraih bola kasti yangdigantung (Pre test) diperoleh 7 orang siswa (21,21%) yang telah mencapaiketuntasan belajar, sedangkan 26 orang siswa (78,79%) belum mencapaiketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran yaitu pembelajaran meraihbola kasti yang digantung . (2) Dari tes hasil belajar menggunakan modelpembelajaran meraih bola kasti yang digantung, di siklus I diperoleh 23 orang siswa (69,69%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10orang siswa ( 30,31%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilairata-rata hasil belajar siswa adalah 69,4. Kemudian dilakukan kembalipembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran meraih bola kasti yangdigantung. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang siswa (90,91%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang siswa (9,09%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,6 danpeningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 21,22%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran meraih bola kasti yang digantung dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyono, Hady19530501 197903 1 006
Call Number: 796.432 071 Sih
Keywords: Pendidikan Jasmani; Belajar; Hasil Belajar; Atletik; Lompat Jauh.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9408

Actions (login required)

View Item View Item