PENGARUH STRATEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SDN 101760 BULU CINA KECAMATAN HAMPARAN PERAK MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Iranda, Kautsar (2016) PENGARUH STRATEGI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SDN 101760 BULU CINA KECAMATAN HAMPARAN PERAK MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. KAUTSAR IRANDA NIM.8146181012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. KAUTSAR IRANDA NIM.8146181012 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
9. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 BAB I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 14. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 15. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. KAUTSAR IRANDA NIM. 8146181012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Keterampilan Proses Sains pada materi perubahan wujud benda di SDN 101760; (2) Mengetahui tumbuh kembang nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri dan rasa ingin tahu dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi perubahan wujud benda di SDN 101760 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak . Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen I menggunakan Strategi Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Kelas eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan obsevasi.Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji t, dan uji gain ternormalisasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Keterampilan Proses Sains pada materi perubahan wujud benda di SDN 101760 . Berdasarkan hasil uji t dan hasil rata-rata nilai postes siswa maka dapat disimpulkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada strategi keterampilan proses sains di Sekolah Dasar; (2) Terdapat tumbuh kembang nilai karakter dengan mengimplementasikan strategi Keterampilan Proses Sains (KPS) dan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing masing-masing sebesar : jujur 55,06% dan 82,03%, tanggung jawab 60% dan 84,79%, disiplin 65,48% dan 79,95 %, percaya diri 61,31% dan 83,33%, rasa ingin tahu 58,33% dan 78,82%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Ira p
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Inkuiri terbimbing; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2016 10:10
Last Modified: 09 Aug 2016 10:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item
View Item