PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REDOKS

Sundari, Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131070 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131070 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131070 BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123131070 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan redoks.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri dari 6 kelas di SMA Negeri 1 Stabat pada Tahun Ajaran 2015/ 2016. Sampel kelas dalam penelitian ini ialah 2 kelas yang diambil secara Purposif, dimana kelas pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peta konsep dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes dalam bentuk objective test sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Untuk mengukur ranah afektif yaitu aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t satu pihak yaitu pihak kanan dan uji korelasi. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung>ttabel(0,05)(58) (4,52>1,67). Untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung > ttabel(0,05)(58) (5,84>1,67). Untuk uji korelasi diperoleh rhitung > rtabel (0,479 > 0,361). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa lebih tinggi daripada pengaruh model pembelajaran Direct Instruction, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan media peta konsep terhadap aktivitas belajar kimia siswa lebih tinggi daripada pengaruh model pembelajaran Direct Instruction, 3) ada korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar kimia siswa terhadap hasil belajar kimia siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan media peta konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, 195704271989032001
Call Number: SK-2016 KIM 101
Keywords: Model Kooperatiftipe TSTS (Two Stay Two Stray); Media Peta Konsep; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8483

Actions (login required)

View Item View Item