PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA

Gultom, Nursaniah (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4122131011 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4122131011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4122131011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4122131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4122131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4122131011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4122131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4122131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4122131011 BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4122131011 BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4122131011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan memenuhi kriteria BSNP, mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek lebih tinggi dari nilai KKM, dan untuk mengetahui perkembangan aspek efektif dan aspek psikomotorik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan Development (R&D) dengan desain pretest-posttest satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia UNIMED yang mengajar Kimia Umum, seluruh guru kimia SMA Negeri 1 Galang dan seluruh siswa kelas XI MIA Semester II SMA Negeri 1 Galang yang terdiri dari 3 kelas T.P 2015/2016. Sampel ditetapkan dengan purposif sampling untuk bahan ajar modul dan random sampling untuk mengambil satu kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan angket dan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh: Kelayakan Isi (3,26), Kelayakan Bahasa (3,26), Kelayakan Penyajian (3,23) dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Untuk data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel () (15,989 > 1,699). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek lebih tinggi dari nilai KKM (70). Nilai afektif dan psikomotorik siswa juga berkembang, untuk rata-rata nilai afektif siswa yaitu + 66,11 dan rata-rata nilai psikomotorik siswa yaitu + 70,70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: SK-2016 KIM 028
Keywords: Project Based Learning; Bahan Ajar Modul; Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8456

Actions (login required)

View Item View Item