PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA

Pasaribu, Putri Liani (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar yang memenuhi kriteria BSNP, mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kontekstual terhadap hasil belajar, dan mengetahui pengaruh hasil belajar terhadap KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal). Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 18 Medan. Populasi yakni seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 1 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,8098). Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh : Kelayakan Isi = 3,78; Kelayakan Bahasa = 3,79; Kelayakan Penyajian = 3,79; Kelayakan Kegrafikan = 3,85; serta Pengintegrasian Kontekstual = 3,92 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Implementasi pembelajaran berbasis kontekstual yang didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar dalam materi laju reaksi. Kesimpulan dari penelitian : hasil belajar kimia menggunakan CTL terintegrasi bahan ajar lebih besar dari harga KKM, pada tingkat kepercayaan 95 % dan diperoleh persen peningkatan hasil belajar siswa sebesar 82%. Kata kunci: CTL, bahan ajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Marudut196302161996031001
Call Number: SK-2016 KIM 104
Keywords: CTL; Bahan Ajar; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item