PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI KOLOID

Sari, Devi Ratna (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123131014 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123131014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123131014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123131014 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123131014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123131014 DAFTAR SINGKATAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4123131014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123131014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4123131014 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Materi koloidmerupakanmateripelajarankimia yang diberikan di kelas XI IPA SMA pada semester genap. Materiiniberisibanyakhafalan dan sebagian siswa menganggap materi ini sulit.Padapenelitianinidigunakan model pembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournament (TGT) dengan Numbered Heads Together (NHT) pada materi Koloid.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT pada materi Koloid di SMA Swasta Cerdas Murni Kelas XI T.A. 2015/2016. Dalam penelitian ini dilakukan pretes baik pada kedua kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan pembelajaran pada kelas eksperimen 1 menggunakan model TGT dan kelas eksperimen 2 menggunakan model NHT. Untuk mengetahui hasil belajar setelah perlakuan, maka diberikan postes pada kedua kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan analisis data pretes dan postes, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Rata-rata pretes kelas eksperimen 1 dan 2 secara berurut adalah 29,23 dan 51,12, sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen 1dan 2 adalah 77,44 dan 72,82. Berdasarkan uji homogenitas dan normalitas, bahwa kedua sampel memenuhi kriteria uji homogenitas dan normalitas. Hasil analisis uji t diperoleh thitung (1,716) > ttabel (1,668) pada taraf signifikan (α) 0,05. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berbunyi ada perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT pada materi koloid. Dengan demikian hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen 1 menggunakan model TGT berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen 2 menggunakan model NHT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser195212261976031002
Call Number: SK-2016 KIM 075
Keywords: Model Pembelajaran TGT; NHT; Hasil Belajar Siswa; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item