PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Lubis, Riza Mawarni (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4123341041 COVER.docx - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
2. NIM 4123341041 APPROVAL SHEET.docx - Published Version

Download (297kB)
[img] Text
3. NIM 4123341041 ABSTRACT.docx - Published Version

Download (22kB)
[img] Text
4. NIM 4123341041 PREFACE.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
5. NIM 4123341041 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
6. NIM 4123341041 ILLUSTRATION.docx - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
7. NIM 4123341041 TABLES.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] Text
8. NIM 4123341041 APPENDICES.docx - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
9. NIM 4123341041 CHAPTER I.docx - Published Version

Download (51kB)
[img] Text
13. NIM 4123341041 CHAPTER V.docx - Published Version

Download (41kB)
[img] Text
14. NIM 4123341041 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version

Download (42kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 8 Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Mind Mapping dan Model Jigsaw Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan yaitu sebanyak 7 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 40 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Purposif sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model Jigsaw dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,245 > 1,994 pada taraf   0,05 . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 61,10 dan rata-rata postes sebesar 81,60. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata pretes sebesar 63,50 dan rata-rata postes sebesar 78,25

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRiwayati, 195203211983032001
Call Number: SK-2016 BIO 098
Keywords: Hasil Belajar; Mind Mapping; Jigsaw; Model Pembelajaran; Eksperimen; Purposif Sampling.
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Aug 2016 04:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8355

Actions (login required)

View Item View Item