Anggraini, Dewi (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BINJAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. 4123111014 Cover.pdf - Published Version Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. 4123111014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. 4123111014 Riwayat Hidup.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
4. 4123111014 Abstrak.pdf - Published Version Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
6. 4123111014 Daftar Isi.pdf - Published Version Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
5. 4123111014 Kata Pengantar.pdf - Published Version Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
7. 4123111014 Daftar Gambar.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
8. 4123111014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
10. 4123111014 Bab I.pdf - Published Version Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
9. 4123111014 Daftar Tabel.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
15. 4123111014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
14. 4123111014 Bab V.pdf - Published Version Download (287kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana Strategi penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write yang dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa, (2) Mengetahui bagaimana peningkatan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 8 Binjai yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematika sebanyak 4 soal. Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa 46,09 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai KKM sebesar 25% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 64,25 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 46,88% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 76,56 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 81,25% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 8 Binjai sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 MAT 076 | ||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Komunikasi Matematik; Penelitian Tindakan Kelas | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:14 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |