UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI II PLUS PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP SWASTA NURCAHAYA MEDAN T.A 2015/2016

Sitepu, Meydayanti Br (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI II PLUS PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP SWASTA NURCAHAYA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4123111049 Cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4123111049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4123111049 Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4123111049 Abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4123111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4123111049 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4123111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4123111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4123111049 Daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4123111049 BAB I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4123111049 BAB V.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4123111049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran metode Discovery Learning berbantuan Cabri II Plus dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa setelah diterapkannya metode Discovery Learning berbantuan Cabri II Plus pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan, (3) Untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh 6 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 33 siswa atau 18,18% dengan rata-rata kelas 45,73 yang artinya tingkat penalaran siswa berada pada kriteria sangat rendah. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode Discovery Learning berbantuan Software Cabri II Plus menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 33 siswa atau 45,45% dengan rata-rata kelas 62,99 dimana tingkat penalaran siswa berada pada kategori rendah. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh 29 siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 87,87% dengan rata-rata kelas 81,47 dimana tingkat penalaran siswa berada pada kriteria tinggi. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Discovery Learning berbantuan Software Cabri II Plus di kelas VIII-3 SMP Swasta Nurcahaya Medan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Erlinawaty198109042008122001
Call Number: SK-2016 MAT 059
Keywords: Metode Pembelajaran; Discovery Learning; Garis Singgung lingkaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item