Hutapea, Veronica Rogate (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERIKUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1.NIM. 4123111085 COVER.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 4123111085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 4123111085 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM.4123111085 PREFACE.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM 4123111085 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 4123111085 TABLES.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 4123111085 APPENDICES.pdf - Published Version Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM. 4123111085 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 4123111085 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM. 4123111085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (350kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik melalui penerapan pendekatan open-ended pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 37 Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pendekatan open-ended pada materi kubus dan balok. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus Imelalui tes kemampuan pemecahan masalah matematik Idiperoleh 19 siswa (47,5%) dari 40 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 75). Setelah siklus II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematik II diperoleh 35 siswa (87,5%) dari 40 siswayang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 75). Setelah pemberian tindakan pada siklus I diperoleh hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematiksiswa pada setiap aspek yang diteliti, aspek memahami masalah skor rata-rata siswa 87,08 (tinggi), aspek merencanakan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 86,25 (tinggi), aspek menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 74,79 (sedang), dan aspek menarik kesimpulan skor rata-rata siswa 25,83 (sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut, aspek memahami masalah skor rata-rata siswa 88,33 (tinggi), aspek merencanakan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 97,5 (sangat tinggi), aspek menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 88,95 (tinggi), dan aspek menarik kesimpulan skor rata-rata siswa 38,61 (sangat rendah). Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada siklus I yaitu 68,84 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,87.Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwapendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 37 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 MAT 070 | ||||||
Keywords: | Pemecahan Masalah Matematik, Pendekatan Open-ended, Kubus, Balok | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 02:19 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |