PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV MIS AL-WASHLIYAH TANDAM HILIR II

Hasanah, (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV MIS AL-WASHLIYAH TANDAM HILIR II. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136181009. HASANAH. COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136181009. HASANAH. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136181009. HASANAH. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136181009. HASANAH. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136181009. HASANAH. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136181009. HASANAH. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136181009. HASANAH. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136181009. HASANAH. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136181009. HASANAH. BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8136181009. HASANAH. BAB V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8136181009. HASANAH. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah dan untuk melihat interaksi antara kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa. Jenis penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 23 siswa pada kelas eksperimen dan 24 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket minat belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (2) peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep (4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan pembelajaran terhadap peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.7 Has p
Keywords: Kemampuan pemahaman konsep; Minat belajar; Kemampuan awal; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item