UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PEMANFAATAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Silalahi, Daniel (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PEMANFAATAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint dengan penggunaan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 36 siswa-siswi, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari data awal diperoleh 6 orang siswa (16,66%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 30 orang siswa (83,33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 56,78%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 17 orang siswa (47,22%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 19 orang siswa (52,77%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 67.89%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 32 orang siswa (88,88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (11,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 81,78%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 11,11 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 13,89%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuprayitno, 197707212005011001
Call Number: SK-2016 PJS 037
Keywords: Metode VAK; Lari sprint; Pendidikan jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8240

Actions (login required)

View Item View Item