PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII MTS SWASTA IRA MEDAN

Adnani, Dina Maulina (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII MTS SWASTA IRA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136171018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136171018 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136171018 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136171018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136171018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136171018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136171018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136171018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136171018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136171018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136171018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136171018 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136171018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136171018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136171018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8136171018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8136171018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8136171018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136171018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8136171018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8136171018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8136171018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-efficacy siswa, (2) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-efficacy siswa, dan (3) Mengetahui perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-efficacy siswa. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VII MTs Swasta IRA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model four-D yang telah dimodifikasi dan rancangan dalam ujicoba menggunakan one group pretest-postest design. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis masalah praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa. Dapat dilihat dari komponen-komponen: (a) Keterlaksanaan pembelajaran dengan kattegori baik; (b) Respon siswa dengan kategori sangat positif; (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan kategori baik. (2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa. Dapat dilihat dari komponen-komponen: (a) aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kriteria batasan keefektifan dan (c) respon siswa berada diatas 80 %. (b) Ketuntasan belajar siswa secara Klasikal adalah 83,33% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai skor >75. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy dengan menggunakan Perangkat pembelajaran berbasis masalah. Untuk nilai rerata kemampuan berpikir kritis matematis meningkat dari 2,71 menjadi 3,00 dan nilai rerata self-efficacy meningkat dari 3,21 menjadi 3,32.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Adn p
Keywords: Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Self-efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:39
Last Modified: 29 Jul 2016 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8183

Actions (login required)

View Item
View Item