PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP POSITIF SISWA SMA ANTARA YANG DIBERI PENDEKATAN PBM BERBANTUAN CABRI 3D DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Sidabutar, Elfrida (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP POSITIF SISWA SMA ANTARA YANG DIBERI PENDEKATAN PBM BERBANTUAN CABRI 3D DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8136172027 COVER .pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8136172027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8136172027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8136172027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8136172027 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8136172027 LIST OF TABEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8136172027 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8136172027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 8136172027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM.8136172027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah perbedaan peningkatan: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) Sikap positif terhadap matematika dari siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang dengan pembelajaran langsung, (3) Proses jawaban siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Santu Petrus Sidikalang. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket skala sikap positif siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,83 dan 0,95 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap positif siswa terhadap matematika. Analisis data dilakukan melalui analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah perbedaan peningkatan: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan sikap positif terhadap matematika yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: Proses jawaban siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar melalui pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: (1) Pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan sikap positif siswa terhadap matematika. (2) Pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Cabri 3D dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Diharuskan guru matematika dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorSiagian, P.195410191980111001
Call Number: 510.071 2 Sid p
Keywords: Pendekatan pembelajaran berbasis masalah; Cabri 3D; Pemecahan masalah; Sikap positif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8166

Actions (login required)

View Item View Item