PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 028226 BINJAI TIMUR T.A 2013/2014

Febryani, Huzatun (2014) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 028226 BINJAI TIMUR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1101111010 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia yang rendah, yaitu pada materi teks bacaan dalam memahami isi bacaan. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks bacaan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 028226 Binjai Timur T.A 2013/2014 yang berjumlah 25 orang siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list efektivitas pembelajaran yang akan diamati selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian dari lembar observasi efektivitas pembelajaran siswa diketahui bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh 5 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan efektivitas pembelajaran dengan persentase 20% dan selebihnya sebanyak 20 siswa dengan persentase 80% yang belum memenuhi kriteria efektivitas pembelajaran. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan yaitu sebanyak 11 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan efektivitas pembelajaran dengan persentase 44% dan selebihnya sebanyak 14 siswa dengan persentase 56% yang belum memenuhi kriteria efektivitas pembelajaran. Setelah peneliti melakukan perbaikan dan konsep pengajaran pada siklus II maka hasil efektivitas pembelajaran siswa pun menjadi semakin meningkat yaitu pada siklus II pertemuan I sebanyak 18 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan efektivitas pembelajaran dengan persentase 72% dan selebihnya sebanyak 7 siswa dengan persentase 28% yang belum memenuhi kriteria efektivitas pembelajaran. Sedangkan pada sikus II pertemuan II sebanyak 22 siswa dengan persentase 88% yang memenuhi kriteria ketuntasan efektivitas pembelajaran dan selebihnya sebanyak 3 siswa dengan persentase 12% yang belum memenuhi kriteria efektivitas pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa kelas IV SDN 028226 Binjai Timur pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks bacaan Tahun Ajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model Reciprocal Teaching ketika proses pembelajaran berlangsung agar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran khususnya dalam membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanungkalit, Erlinda195907181985032003
Call Number: 372.4 Feb p
Keywords: Efektivitas; Pembelajaran; Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Hakikat Bahasa Indonesia; Keterampilan Membaca; Teks Bacaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item