PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI. IPS. 2 SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Kamaruzaman, Mohd Izwan Bin Mohd (2014) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI. IPS. 2 SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103351049 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 BAB V.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103351049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap peningkatan sikap kepercayaan diri siswa kelas di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 40 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 11 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik kepercayaan diri yang disebar pada siswa kelas yang dianggap memiliki kepercayaan diri yang cenderung rendah. Dari penyebaran angket itu diperoleh data 9 orang yang memiliki skor rendah dan yang tinggi 2 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK di sekolah SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya penerapan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran (pre test) keadaan sikap kepercayaan diri siswa dengan rata-rata 88,36 dan setelah dilaksanakan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran (post test), ada perubahan keadaan sikap kepercayaan diri siswa dan mengalami peningkatan dengan rata-rata 109,1.Dari hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung = 1,79861 dan t_tabel taraf nyata α = 0,25 dalam confidence level = 50 % diperoleh sebesar 0.697. Maka t_hitung > t_tabel = (1,79861 > 0.697). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran memiliki pengaruh terhadap sikap kepercayaan diri siswa kelas XI. IPS. 2 di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul195903241986011001
Call Number: 371.404 7 Kam p
Keywords: Percaya Diri; Ciri-ciri Percaya Diri; Layanan Bimbingan Kelompok; Jenis Bimbingan Kelompok; Teknik Bermain Peran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item