PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 066657 MEDAN LABUHAN T.A. 2012/2013

Rambe, Asmah Diah (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 066657 MEDAN LABUHAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071211920002 1 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 3 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 4 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 9 BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 10 BAB II.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 11 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 12 Lampiran-Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920002 13 Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains dan pembelajaran sains yang dilakukan guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah serta aktivitas siswa dalam belajar cenderung hanya mendengarkan penjelasan guru, mencatat dan menghafalkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar SAINS siswa pada materi gaya di kelas IV SD Negeri 066657 Medan Labuhan T.A. 2012/2013.Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa siswa kelas IV SD Negeri 066657 Medan Labuhan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 30 orang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh nilai rata-rata sebesar 39,6 dan sebanyak 6,7% dinyatakan tuntas belajar. Setelah dilakukan tindakan siklus I selama dua kali pertemuan dari hasil postes, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi sebesar 67,5 dan jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebesar 76,7%. Selanjutnya dari hasil postes siklus II setelah dilakukan perbaikan pembelajaran selama dua kali pertemuan, hasil belajar siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 83,2 dan jumlah siswa yang telah tuntas belajar sudah mencapai 100%. Kegiatan peneliti selama pertemuan pertama siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 60,0 (cukup). Pada pertemuan kedua siklus I rata-rata nilai sebesar 67,5 (baik). Setelah dilakukan perbaikan selama pertemuan pertama siklus II diperoleh rata-rata nilai sebesar 80,0 (baik). Pada pertemuan kedua siklus II rata-rata nilai sebesar 87,5 (baik sekali). Sementara kegiatan siswa selama pertemuan pertama siklus I diperoleh rata-rata sebanyak 12 orang atau 40% siswa yang aktif (kurang). Pada pertemuan kedua siklus I rata-rata sebanyak 15 orang atau 50% siswa aktif (cukup). Setelah perbaikan pada pertemuan pertama siklus I rata-rata sebanyak 23 orang atau 76,7% siswa aktif (baik). Pada pertemuan kedua siklus II rata-rata sebanyak 25 orang atau 83,3% siswa aktif (baik).Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi gaya di kelas IV SD Negeri 066657 Medan Labuhan T.A. 2012/2013. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan pendekatan kontruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyamsuarni, 195005131974122001
Call Number: 372.35 Ram p
Keywords: Hasil Belajar; Konstruktivisme; Kelebihan; Materi Gaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item View Item