MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI NO.106195 PULAU GAMBAR T.A 2012/2013

Anjayani, Sri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI NO.106195 PULAU GAMBAR T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311071 COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan selama penelitian,peneliti menemukan masalah-masalah yang terjadi selama preses belajar mengajarberlangsung. Seperti siswa kurang mampu mengalikan bilangan asli denganpecahan biasa dan mengalikan bilangan asli dengan pecahan campuran denganbaik dan benar, rendahnya minat dan semangat siswa, guru tidak menggunakanindex card match (ICM) dalam pembelajaran mengalikan pecahan dengan baikdan benar dan lain sebagainya. Untuk itulah yang menjadi permasalahan dalampenelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode belajar aktif tipeindex card match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materimenalikan di kelas V SD Negeri No.106195 Pulau Gambar T.A 2012/2013?”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode belajar aktif tipe indexcard match (ICM) dalam meningkatkan hasil belajar mengalikan mengalikanpecahan siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri No.106195Pulau Gambar.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Apakah denganmenggunakan metode belajar aktif tipe index card match (ICM) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengalikan bilangan asli denganpecahan biasa dan mengalikan bilangan asli dengan pecahan campuran di kelas VSD Negeri No.106195 Pulau Gambar T.A 2012/2013.Populasi penelitian ini dilakukan terhadap seluruh peserta didik kelas VSD Negeri No. 106195 Pulau Gambar yang berjumlah 38 orang siswa, denganmenggunakan metode belajar aktif tipe index card match (ICM). Penelitian inidilakukan untuk bidang studi matematika materi “mengalikan pecahan”. Alatyang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes (pretestdan post test), lembar observasi untuk guru dan siswa, wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Index CardMatch (ICM) pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mengalikanbilangan asli dengan pecahan biasa dan mengalikan bilangan asli dengan pecahancampuran siswa kelas V SD Negeri No. 106195 Pulau Gambar. Hasil penelitianpada mengalikan bilangan asli dengan pecahan biasa dan mengalikan bilangan aslidengan pecahan campuran kondisi awal persentasenya adalah 44,73%. Kemudiansetelah menggunakan Index Card Match (ICM) siklus I persentasenya adalah63,73%, siklus II meningkat lagi menjadi 86,84%.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran denganmenggunakan metode belajar aktif tipe index card match (ICM) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSingarimbun, Piti194912241980032002
Call Number: 372.2 Anj m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Metode Belajar vAktif Tipe Indec Card Match; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item