PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064966 MEDAN

Andayani, Siti (2012) PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064966 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313327 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313327 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya motivasibelajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuanmenerapkan penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan motivasi belajarsiswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.Variabel dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa yaitukeseluruhan daya penggerak yang ada dalam dir i siswa dan Metode sosiodramayaitu suatu metode yang mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial.Penelitian dilakukan di SD Negeri 064966 Medan dengan Subjek penelitian adalah siswa dan siswi kelas V-b SD Negeri 064966 yang ber jumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Alat pengumpul datamenggunakan lembar observasi.Pada siklus I dengan tindakan menggunakan metode sosiodrama diketahuibahwa dari 30 orang siswa, terdapat 18 orang (60%) yang mendapatkan skorsedang . Dimana pada kondisi awal, motivasi belajar siswa masih dalam kriteria rendah, sementara pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat 20% dari kriteria rendah ke sedang. Hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga disimpulkan perlunya diadakan perbaikan untuk siklus ke II dengan melakukan latihan sebelum drama berlangsung. Pada siklus II, dengan tindakan menggunakan metode sosiodrama dan member i kesempatan kepada siswa untuk berlatih drama diperoleh hasil, dar i 30 orang siswa terdapat 4 orang (13,3%) yangmendapatkan skor rendah sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswameningkat.Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, terbukti bahwa penggunaanmetode sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V-b SDNeger i 064966 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.2 And p
Keywords: Metode Sosiodrama; Motivasi Belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7097

Actions (login required)

View Item View Item