PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF-EFFICACY SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIRTUAL MANIPULATIVE DI SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN

Ritonga, Fauziawati (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF-EFFICACY SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIRTUAL MANIPULATIVE DI SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136171024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136171024 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136171024. APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136171024. APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136171024. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136171024. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136171024. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136171024. PREFACE.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136171024. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136171024. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136171024. TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136171024. TABLE.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136171024. DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136171024. DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136171024. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136171024. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136171024. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136171024. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136171024. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136171024. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136171024. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136171024. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran CTL berbantuan virtual manipulative lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung?, (2) apakah peningkatan self-efficacy siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran CTL berbantuan virtual manipulative lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung?, (3) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. (4) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan self-efficacy?, (5) bagaimanakah proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran CTL berbantuan virtual manipulative dan pembelajaran langsung?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 240 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan CTL berbantuan virtual manipulatve lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung, (2) self-eficacy siswa yang diajarkan dengan menggunakan CTL berbantuan virtual manipulative lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (CTL berbantuan virtual manipulative dan pembelajaran langsung) dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (CTL berbantuan virtual manipulative dan pembelajaran langsung) dengan KAM terhadap peningkatan self-efficacy siswa. (5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematika pada pembelajaran CTL berbantuan virtual manipulative lebih baik, lengkap dan penyelesaian benar dibandingkan dengan pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Pembelajaran CTL, Virtual Manipulative, Kemampuan awal matematika, Kemampuan komunikasi matematis, Self-Efficacy, Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Rit p
Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; Pembelajaran langsung; Proses jawaban
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:31
Last Modified: 28 Jul 2016 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

View Item
View Item