ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF DAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DI SMA

Gulo, Adventinis Resti (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF DAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR Gambar.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_daftar pustaka new.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui buku penuntun praktikum kimia yang ada pada saat ini di sekolah sudah memenuhi standar BSNP, (2) Untuk mengetahui penuntun praktikum kimia yang inovatif dan interaktif yang telah dikembangkan sudah memenuhi BSNP, (3) Untuk mengetahui penuntun praktikum kimia yang inovatif dan interaktif yang telah dikembangkan sudah memenuhi kelayakan untuk dipergunakan dalam pembelajaran, (4) Untuk mengetahui efektifitas penuntun praktikum kimia yang inovatif dan interaktif yang telah dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia pokok bahasan termokimia. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang guru kimia SMA di kepulauan Nias dan 2 orang dosen kimia Universitas Negeri Medan. Hasil analisis menunjukkan (1) hasil analisis penuntun praktikum penerbit Y menunjukkan bahwa buku penuntun tersebut merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata 3,52 artinya layak untuk digunakan namun perlu untuk dikembangkan, (2) hasil analisis buku penuntun praktikum kimia termokimia yang telah dikembangkan merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata 4,09 artinya sangat layak untuk dipergunakan, (3) tanggapan dosen dan guru terhadap buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran, (4) efektifitas buku penuntun yang dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimia diperoleh peningkatan sebesar 71% dengan signifikan < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 541.360 712 Gul a
Keywords: Media pembelajaran; Perangkat pembelajaran; Termokimia; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2016 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item