INOVASI BAHAN AJAR KIMIA LAMBANG UNSUR DAN PERSAMAAN REAKSI SMK KELAS X SEMESTER I DAN IMPLEMENTASINYA

Sari, Putri Junita (2016) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA LAMBANG UNSUR DAN PERSAMAAN REAKSI SMK KELAS X SEMESTER I DAN IMPLEMENTASINYA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)Bagaimana tingkat kelayakan bahan ajar kimia SMK kelas X semester I pokok bahasan Lambang unsur dan persamaan reaksi yang ada saat ini telah layak dan sesuai dengan standar isi yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (2) Apakah bahan ajar kimia yang telah dikembangkan untuk SMK kelas X semester 1 pada pokok bahasan lambang unsur dan persamaan reaksi telah layak dan sesuai dengan standar isi yang di tetapkan oleh BSNP (3) Apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (4) Apakah terdapat hubungan antara hasil belajar yang merupakan tumbuhkembangnya karakter dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi penelitin adalah seluruh siswa kelas X SMK. Sampel dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Panyabungan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 orang yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar penerbit A dan B pada pokok bahasan lambang unsur dan persamaan reaksi berdasarkan standar BSNP sudah cukup valid. Namun, ada beberapa yang perlu dilakukan pengembangan. (2) Bahan ajar kimia lambang unsur dan persamaan reaksi yang dikembangkan untuk SMK kelas X semester I telah layak berdasarkan hasil standarisasi kelayakan isi sebesar 3.60, standarisasi kelayakan bahasa sebesar 3.73, standarisasi kelayakan penyajian sebesar 3.70, standarisasi kegrafikan sebesar 3.79 (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa bahan ajar yang telah dikembangkan. (Sig.1-tailed < α (0,008 < 0,05)) (4) Terdapat hubungan antara karakter yang terkembang dengan hasil belajar kimia siswa SMK Kelas X semester I yang diajar dengan bahan ajar kimia lambang unsur dan persamaan reaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: 541.390 719 Sar i
Keywords: Karakteristik bahan ajar; Ilmu kimia; Pendidikan karakter; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item View Item