PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066666 KECAMATAN MEDAN DENAI T.A 2015/2016

Rahmawati,, Erwina (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066666 KECAMATAN MEDAN DENAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1123111030 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1123111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1123111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1123111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1123111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 1123111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1123111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1123111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 1123111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi pokok “Soal Cerita Pecahan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode problem solving pada materi pokok soal cerita pecahan di kelas IV SD Negeri 066666 Kecamatan Medan Denai T.A 2015/2016”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066666 yang berjumlah 28 orang siswa dengan 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi pokok soal cerita pecahan, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran matematika berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test dari 28 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 5 orang siswa (17,85%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 23 orang siswa (82,14%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 53,75. Meingkat pada siklus I sebanyak 13 orang siswa (46,42%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (53,57%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 66,21. Pada siklus II sebanyak 24 orang siswa (85,71%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 4 orang siswa (14,28%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 77,92. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil observasi siswa dari siklus I dengan nilai rata-rata 62,32 menjadi 75,21 pada siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Metode Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 066666 Kecamatan Medan Denai T.A 2015/2016”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rahim195406021979031002
Call Number: SK-2016 PGSD 023
Keywords: Prblem Solving; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item