PENGARUH MEDIA WEB PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN LESSON STUDY TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Matondang, Silvia Elastari (2016) PENGARUH MEDIA WEB PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN LESSON STUDY TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146141021 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146141021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146141021 BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146141021 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah hasil belajar siswa yang diajarkan pada pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan lesson study menggunakan media web lebih tinggi daripada tanpa menggunakan media web ; (2) Apakah berpikir kreatif siswa yang diajarkan pada pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan lesson study menggunakan media web lebih tinggi daripada tanpa menggunakan media web ; (3) Apakah ada hubungan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quase experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA. Teknik pengambilan sampel adalah Simple random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan pada pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan lesson study menggunakan media web dan kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan media web dengan jumlah sampel seluruhnya 76 siswa. Instrument penelitian ini berupa tes berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Telah dilakakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan Independen Samples Tes (T-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan pada pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan lesson study menggunakan media web dengan rata-rata gain sebesar 0,71 lebih tinggi daripada tanpa menggunakan media web dengan rata-rata gan sebesar 0,60 dengan signifikansi (0,00 < 0,05); (2) Berpikir kreatif siswa yang diajarkan pada pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan lesson study menggunakan media web dengan rata-rata sebesar 75,46 lebih tinggi daripada tanpa menggunakan media web dengan rata-rata sebesar 55,20 dengan signifikansi (0,00 < 0,05); (3) Terdapat hubungan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 541.390 712 Mat p
Keywords: Pembelajaran kimia; Inkuiri terbimbing; Lesson study; Media web
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6739

Actions (login required)

View Item View Item