MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY BASED LEARNING DI KELAS IV SDN 060957 BELAWAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016

apriana, vina (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY BASED LEARNING DI KELAS IV SDN 060957 BELAWAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311083 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311083 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311083 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311083 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311083 GRAFIK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311083 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311083 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123311083 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan model discovery based learning pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa oleh kelas IV SD Negeri 060957 Belawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060957 Belawan berjumlah 33 orang siswa. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model discovery based learning dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika khususnya pokok bahasan menjumlahkan dan mengurangkan pecahan. Untuk memperoleh data dilakukan observasi yang dibantu dengan alat pengumpul data seperti lembar observasi model discovery based learning dan angket yang bertujuan untuk mengetahui perubahan motivasi belajar siswa dalam mempelajari matematika khususnya penjumlahan dan pengurangan pecahan. Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Pada penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel penelitian yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Subjek penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik analisis persentase untuk mengetahui peningkatan (perubahan) motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dari lembar observasi belajar siswa pada siklus I adalah sebanyak 22 siswa (67%) motivasi belajar siswa rendah, 11 siswa (33%) motivasi belajar siswa rendah. Pada siklus II 27 siswa (82%) motivasi belajar siswa tinggi, 6 siswa (18%) motivasi belajar siswa rendah. Dari data angket motivasi belajar ada siklus I sebanyak 21 siswa (64%) motivasi belajar siswa rendah 12 siswa (36%) motivasi belajar siswa rendah, pada siklus II 29 siswa (88%) motivasi belajar siswa tinggi, 4 siswa (12%) motivasi belajar siswa rendah. Data yang diperoleh dari lembar observasi motivasi belajar pada siklus I (71,4%) motivasi belajar siswa rendah, kemudian pada siklus II (89,2%) motivasi belajar siswa tinggi. Data observasi motivasi guru, dengan menggunakan model discovery based learning pada siklus I dengan nilai (70,8%) motivasi guru rendah, dan pada siklus II dengan nilai (87,5%) motivasi guru tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery based leraning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai 71,4 meningkat pada siklus II dengan 89,2 pada pengamatan observer. Oleh karena itu disarankan agar guru melaksanakan model discovery based learning apabila dibutuhkan dalam pelajaran tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: SK- 2016 PGSD 159
Keywords: Model Pembelajaran Discover Based Learning ; Motivasi Belajar ;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6710

Actions (login required)

View Item View Item