PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA

Sasmi, Weni Tri (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146142033 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146142033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146142033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146142033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146142033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146142033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146142033 TABLES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146142033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146142033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146142033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146142033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester genap terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa. Populasi peneitian ini adalah (1) semua guru kimia yang ada di kota Kisaran yang dikategorikan guru ahli dan dosen kimia Universitas Negeri Medan yang ada di kota Medan. (2) seluruh siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Seluruh sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah (1) guru kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal S1 dan berpengalaman mengajar di sekolah, dosen kimia di Universitas Negeri Medan dengan kriteria memiliki pendidikan formal S2 minimal 5 tahun, sedang aktif mengajar dan menguasai materi Kimia Dasar yang relevan dengan materi kimia SMA. (2) kelas XI IPA 1 yang diberi perlakuan pengajaran menggunakan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester genap terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa berdasarkan kurikulum 2013. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis uji kelayakan buku ajar kimia yang ada berdasarkan standar BSNP adalah sebesar 3,69 dilihat dari kriteria validitasnya buku ajar tersebut cukup valid tetapi perlu direvisi (2) berdasarkan pendapat guru dan dosen terhadap uji kelayakan buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini memenuhi standar yang dipersyaratkan oleh BSNP yaitu sebesar 4,41 artinya valid dan tidak perlu direvisi. (3) berdasarkan pendapat guru dan dosen terhadap uji kelayakan buku ajar yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi standar dari penilaian rubrik karakter sebesar 4,43 yang dikategorikan sangat baik. (4) berdasarkan pendapat siswa terhadap uji kelayakan buku ajar yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi standar dari penilaian rubrik karakter adalah sebesar 4,42 yang dikategorikan sangat baik. (5) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebesar 0,69 atau 69% yang dikategorikan sedang. (6) Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh nilai sign<0,05 (0,002<0,05) penggunaan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester genap terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa lebih tinggi dari nilai KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Call Number: 540.071 2 Sas
Keywords: Buku ajar; Internalisasi; Pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item