PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016

lase, ramah waty (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Perstujuan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian pelaksanaan oleh guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Aktivitas selama pembelajaran berlangsung melibatkan aspek fisik dan psikis siswa. Kepemimpinan guru dalam pendidikan amat berpengaruh dalam menghasilkan out put (keluaran) yang berprestasi. Karena dengan adanya jiwa kepemimpinan seorang guru dapat mempengaruhi dan mengajak para peserta didik untuk dapat melaksanakan aktifitas pembelajaran. Namun pada kenyataannya guru belum menerapkan gaya kepemimpinan sesuai yang diharapkan yaitu kepemimpinan yang demokratis sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa . Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket.Populasi dalam penelitian ini adalah 74 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 37 orang. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = -0.001 dengan rtabel = 0,334 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian -0.001 < 0,334 atau nilai rhitung lebih kecil dari nilai rtabel maka gaya kepemimpinan guru tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap aktivitas belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan guru terhadap aktivitas belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = - 0.0059 dengan ttabel = pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian - 0.0059 < 2.0301 atau nilai thitung lebih kecil daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan tidak signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang didapat menyatakan “Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan guru terhadap aktivitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Wildansyah195811111986011001
Call Number: SK- 2016 PGSD 155
Keywords: Gaya Kepemimpianan Guru ; Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item