MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067242 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016

samosir, alimin (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067242 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123111005 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123111005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123111005 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 .NIM 1123111005 BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123111005 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 1123111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran word square dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 36 orang siswa kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal pada tahun ajaran 2015/2016, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilihat dari berapa persen tingkat keberhasilan yang dicapai dan perubahan aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data siklus I terdapat 1 orang siswa (2,78%) yang tergolong aktivitas belajarnya sangat rendah, 18 orang siswa (50%) yang tergolong aktivitasnya rendah, dan 17 orang siswa (47,22%) yang tergolong aktivitasnya tinggi. Dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal siklus I sebesar 47,22%. Setelah dilakukan siklus II diperoleh data terdapat 3 orang siswa (8,33%) yang tergolong aktivitas belajarnya rendah, 13 orang siswa (36,11%) yang tergolong aktivitasnya tinggi, dan 20 orang siswa (55,56%) yang tergolong aktivitas belajar sangat tinggi, dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pertemuan kedua siklus II 91,67%. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal pada mata pelajaran IPS materi pokok koperasi. Sehingga disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran word square dalam menyampaikan materi pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhart196103231987031001
Call Number: SK- 2016 PGSD 134
Keywords: Aktivitas Belajar ; Word Square ; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item View Item