UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 118252 AEK NABARA T.A. 2011/2012

Ritonga, Azlinda (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 118252 AEK NABARA T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811012 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dan proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru masih bersifat konvensional dan cenderung berpusat pada guru dan cenderung menggunakan metode ceramah, latihan dan pemberian tugas dalam mengajarkan matematika.Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika materi pokok pecahan senilai di kelas IV SDN 118252 Aek Nabara T.A. 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 118252 Aek Nabara sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan selama 3 bulan mulai April hingga Mei 2012.Hasil penelitian, setelah dilakukan tindakan siklus I berdasarkan hasil angket sebanyak 21 orang (70%) siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 9 orang (30%) masih tergolong rendah. Secara klasikal pada siklus I para siswa dinyatakan masih belum termotivasi dalam belajar karena jumlah siswa yang telah termotivasi secara kelas hanya 70%. Setelah dilakukan perbaikan siklus II motivasi siswa meningkat dan terdapat 28 orang (93,3%) siswa yang telah termotivasi belajar matematika sementara 2 orang (6,7%) masih tergolong rendah. Setelah dilakukan siklus II secara klasikal atau kelas para siswa dinyatakan telah termotivasi dalam belajar yaitu sebesar 93,3%. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang dilakukan selama 2 siklus disimpulkan bahwa penggunaan metode Tame Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok pecahan senilai di kelas IV SDN 118252 Aek Nabara T.A. 2011/2012. Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan metode TGT upaya meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dan menghapus pandangan siswa bahwa pembelajaran matematika sulit atau membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKKasmah, Rusmina194912301978032001
Call Number: 372.2 Rit u
Keywords: Motivasi Belajar; Model Team Games Tournament; Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item