MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 033912 SIDIKALANG

Bako, Susanti (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 033912 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313358 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313358 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN033912Sidikalang, dengan Pemberian penguatan positifdan sasaran utama adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SDN033912 Sidikalang. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan Pemberian penguatan positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IVA SDN 033912 Sidikalang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan pengamatan (observasi)dengan melaksanakan satu kali Pre-Test dan dua kali post test. Adapun observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan Pre-test dilaksanakan pada pertemuan 1. Post Test dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari 26 orang siswa pada kondisi awal hanya terdapat 2 orang siswa ( 7,7% ) yang Tuntas dalam belajar. Maka dilakukan siklus I untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Dari siklus I diperoleh hasil 14 orang siswa yang sudah tuntas dalam belajardengan persentase 53,84%. Pada siklus I hasil belajar siswa sudah meningkat sekitar 46% dibandingkan pada kondisi awal. Namun hasil tersebut belum mencapai target yang diharapkan oleh peneliti yaitu siswa yang memiliki ketuntasan belajar sekitar 85%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan. Dari siklus II diperoleh hasil 23 siswa yang tuntas dalam belajardengan persentase 88,46%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemberian penguatan positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika pada materi operasi bilangan pecahan di kelas IVA SDN 033912 Sidikalang. Dari hasil temuan peneliti diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dengan pemberian penguatan positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IVA SDN 033912Sidikalang T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-Karo, Demmu195810071985011001
Call Number: 372.2 Bak m
Keywords: Matematika;Pembelajaran; Penguatan;Positif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item