MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012

Siregar, Fitri Ariani (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313109 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 BAB I.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313109 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa bila metode eksperimen diterapkan pada pokok bahasan Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan metode eksperimen.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh 7 siswa (35% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 13 siswa (65% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 55. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 9 siswa (45%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 11 siswa (55%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 62,5. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 16 siswa (80%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 4 siswa (20%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 73.Dengan melihat keberhasilan proses pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen pada pokok bahasan Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda, maka perlu dipertimbangkan untuk menggunakan metode ini pada pokok bahasan IPA yang lain atau untuk pembelajaran bidang studi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011977022001
Call Number: 372.2 Sir m
Keywords: Hasil Belajar; Metode Eksperimen; IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item