MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 020266 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2011/2010

Nazli, Akmalun (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 020266 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2011/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313012 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara pada materi memerankan tokoh drama di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode simulasi dan dibantu boneka dari kaos kaki dapat meningkatakan keterampilan siswa dalam berbicara di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “Meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi memerankan tokoh drama akan meningkat, jika metode simulasi dan dibantu boneka dari kaos kaki diimplementasikan dengan benar pada siswa kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara Tahun Ajaran 2011/2010. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 020266 Binjai Utara, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode simulasi dan dibantu boneka kaos kaki. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk lisan dan lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru kelas V di SD Negeri 020266 Binjai yang dilakukan terhadap 32 orang siswa terdapat 28 orang siswa (87,5%) yang mendapat hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 4 orang siswa (12,5%) yang termasuk dalam kategori (tuntas). Kemudian pada siklus I terdapat 6 orang siswa (18,8%) yang termasuk kategori (tuntas) dan sebanyak 22 orang siswa (68,8%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas) dan nilai rata-rata yang diperoleh 59,7 . Pada siklus II terdapat 29 orang siswa (90,7%) termasuk dalam kategori tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa (9,3%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas) dan nilai rata-rata diperoleh 94,2. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes siklus I dan sikulus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode simulasi dan dibantu boneka dari kaos kaki dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara materi memerankan tokoh drama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 020266 Binjai Utara Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: 372.2 Naz m
Keywords: Keterampilan Berbicara; Metode Simulasi; Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6335

Actions (login required)

View Item View Item