MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 116909 SIMPANG EMPAT MERBAU T.A 2012/2013

Lestari, Rani (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 116909 SIMPANG EMPAT MERBAU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311086 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 KATA PENGATAR.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 BAB I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri No 116909 Simpang Empat Merbau menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri No 116909 Simpang Empat Merbau?Penelitian ini terdiri dari observasi dan dua siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan. Selanjutnya memberikan lembar angket di sebelum tindakan dan sesudah siklus II untuk melihat motivasi belajar siswa.Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalh siswa kelas IV SD Negeri No 116909 Simpang Empat Merbau yang berjumlah 30 orang siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data motivasi belajar siswa pada materi mengenal lambang bilangan romawi. Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan I hanya 14 orang siswa memiliki motivasi belajar dengan kriteria sedang (46,67%). Pada siklus I pertemuan II ada 17 orang siswa dengan kriteria tinggi dan sedang (56,67%). Dan pada siklus II pertemuan I persentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 24 orang siswa memiliki motivasi belajar dengan kriteria tinggi dan sedang (80%) dan pada siklus II pertemuan II semakin meningkat lagi sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu: 27 orang siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi dan tinggi (90%). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa motivasi belajra siswa meningkat dalam pelajaran matematika materi mengenal lambang bilangan romawi dengan Make A Match. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri No.116909 Simpang Empat Merbau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Sorta195906101985032001
Call Number: 372.705 Les m
Keywords: Belajar; Motivasi; Ciri-ciri ;Make A Match; Metode; Pembelajaran; Matematika; Bilangan Romawi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item