MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN 060954 KEC. MEDAN MARELAN T. A 2014-2015

Putri, Suci Rahmania (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN 060954 KEC. MEDAN MARELAN T. A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1113111071 COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 BAB V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran Pkn materi Globalisasi. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Globalisasidengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered HeadsTogether (NHT) di kelas IV SDN 060954 Kec. Medan Marelan T.A 2014-2015.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah seluruh siswa di kelas IV SDN 060954 Kec. Medan Marelan yangberjumlah 40 siswa dengan jumlah 26 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah tes dan observasi.Berdasarkan analisis data, ternyata pada saat pre test dari 40 orang siswadiperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 6 orang siswa (15,00%) mendapat nilaituntas, dan sebanyak 34 orang siswa (85,00%) mendapat nilai belum tuntasdengan nilai rata-rata 45,38. Pada siklus I terdapat sebanyak 22 orang siswa(55,00%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 18 orang siswa (45,00%) mendapatnilai belum tuntas dengan rata-rata nilai 66,00. Pada siklus II diperoleh tingkatketuntasan sebanyak 36 orang siswa (90,00%) yang mendapat nilai tuntas, dansebanyak 4 orang siswa ((10,00%) yang mendapat nilai belum tuntas dengan nilairata-rata 81,00.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelcooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi di kelas IV SDN060954 Kec. Medan Marelan T. A 2014-2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Sorta195906101985032001
Call Number: 372.832 Put m
Keywords: Hakekat Belajar; Kooperatif Learning; NHT; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item