MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA DALAM MENJAGA SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BARUS JAHE TAHUN AJARAN 2015/2016

Bangun, Patriot Zephyrinus (2016) MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA DALAM MENJAGA SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BARUS JAHE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1113151027 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1113151027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1113151027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1113151027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1113151027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1113151027 DAFTAR-TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1113151027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1113151027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1113151027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1113151027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1113151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kepedulian siswa dalam menjaga sarana prasarana sekolah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barus Jahe Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kepedulian dalam menjaga sarana prasarana sekolah pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Barus Jahe Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling dengan pelaksanaan penelitian 2 siklus ( siklus I dan siklus II). Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 10 orang siswa di SMA Negeri 1 Barus Jahe tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket kepedulian terhadap sarana prasarana sebanyak 27 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepedulian siswa dalam menjaga sarana prasarana sekolah dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI IPS Negeri I Barus Jahe Tahun Ajaran 2015/2016. Dari hasil analisis diperoleh data dari Pra siklus kepedulian siswa rata-rata = 0,8 termasuk kategori rendah, dan setelah diberi layanan Bimbingan Kelompok pada siklus I kepedulian siswa terhadap sarana prasarana naik menjadi 25% masuk dalam kategori sedang, setelah kembali diberi layanan bimbingan kelompok di siklus II perubahan yang memuaskan dapat dilihat di hasil nya menjadi 87,5% masuk kedalam kategori baik. Sehingga Hipotesis yang diajukan yang berbunyi “Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknis diskusi dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap sarana dan prasarana sekolah dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Barus Jahe tahun ajaran 2015/2016” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: SK-2016 BK 027
Keywords: Pengertian Peduali; Sarana Prasarana; Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 01:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item View Item