UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI PAUD GLORIA T.A 2015/2016

Lubis, Cici Salma Srinomba (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI PAUD GLORIA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 06 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah Bermain puzzle yang dilakukan di PAUD Gloria Medan hanya sebagai sudut pengaman, pada kegiatan tambahan. Sedikitnya jumlah media yang dapat menstimulasi perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dengan jumlah anak didik. tuntutan orangtua agar anaknya bisa segera membaca, menulis dan berhitung. Metode pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di PAUD Gloria Medan T.A 2015/2016. Subjek penelitian adalah anak kelas B, berjumlah 16 orang. Proses penelitian melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I, 1 orang anak memperoleh kriteria baik (6,25%), kriteria cukup, 15 orang anak (93,75%). Pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 56,77%, hanya 6 orang (37,5%) yang kecerdasan visual-spasialnya baik, 10 orang (62,5%) kecerdasan visual-spasial cukup. Pada siklus II pertemuan I perkembangan kecerdasan visual-spasial sangat baik, 3 orang (18,75%), perkembangan kecerdasan visual-spasial baik, 10 orang (62,50%), kriteria cukup 3 orang (18,75%), meningkat dari siklus I. Siklus II pertemuan II perkembangan visual-spasial anak semakin meningkat, 10 orang anak (62,50 %) perkembangan visual-spasialnya sangat baik, 6 orang anak (37,50%) berkembang dengan baik.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kegiatan bermain puzzle pada pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di PAUD Gloria Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 018
Keywords: Kecerdasan Visual-Spasial;Bermain Puzzle;Visual-spasial Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:32
Last Modified: 15 Jul 2016 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item
View Item