PENGARUH BERMAIN KATA -KATA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI DUSUN I DESA LENGAU SEPRANG KEC. TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016.

Rahayu, Dwina (2016) PENGARUH BERMAIN KATA -KATA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI DUSUN I DESA LENGAU SEPRANG KEC. TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berbicara anak dalam mengungkapkan perasaan dan pemikirannya dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain kata - kata terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Dusun I Desa Lengau Seprang Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dilembaga Tk Pelangi berjumlah 24 anak, kelas eksperimen adalah kelas B2 berjumlah 12 anak dan kelas kontrol adalah B1 berjumlah 12 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah bermain kata - kata sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berbicara. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai ada kelas eksperimen 41,083 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai terendah 34. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 28,083 dengan nilai tertinggi 27 dan nilai terendah 15. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara bermain kata - kata disbanding metode Tanya jawab terhadap keterampilan berbicara anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 13,31; nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,0717; α=0,05. Harga ttabel dengan nilai N=66 diperoleh 1,084. Sehingga diperoleh thitung > ttabel (13,31 > 1,0717). dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa: “ Ada pengaruh bermain kata – kata terhadap keterampilan berbicara anak usia 5 – 6 tahun di TK Pelangi dusun I desa lengau seprang kec.tanjung morawa tahun ajaran 2015/2016”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: SK-2016 PAUD 011
Keywords: Keterampilan Berbicara; Bermain; Metode Tanya Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item