UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI PAUD SALSABILA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016.

Harahap, Nur Husna Azizah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI PAUD SALSABILA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 02 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
02 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 06 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 08 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Kemampuan anak mengenali bentuk-bentuk dasar masih kurang, (2) Kemampuan anak membedakan bentuk-bentuk geometri masi rendah, (3) Kemampuan anak menghubungkan nama bentuk geometri dengan bentuk geometri masi rendah, (4) Kemampuan anak menggolongkan bentuk dalam suatu kelompok sesuai dengan bentuknya masi rendah, (5) Kemampuan anak mengenali bentuk-bentuk benda yang ada di lingkunganya sendiri masi rendah, (6) Media yang digunakan masi terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun dengan melalui permainan puzzle di PAUD Salsabila Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang dugunakan adalah observasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabila Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar anak selama proses pembelajaran, berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik.
Peningkatan pengenalan geometri anak pada siklus I pertemuan 1 yang tergolong dalam kemampuan pengenalan geometri pada anak sangat baik 0 (0%) , anak yang tergolong baik 0 (0%) , anak yang tergolong cukup 15 (75%) , dan anak yang kurang 5 (25%). Hasil pengamatan pertemuan II, anak yang tergolong sangat baik 0 (0%) anak, yang tergolong baik 2 (10%) yang tergolong cukup 16 (80%), dan 2 (10%) orang anak kemampuan pengenalan geometri kurang.
Pada siklus II pertemuan I, Diperoleh nilai rata-rata anak 13,1% anak yang tergolong sangat baik 2 (10%) orang anak, anak yang tergolong baik 14 (70%) orang anak, 4 (20%) orang anak yang kemampuan pengenalan geometri cukup, dan 0 orang anak kemampuan pengenalan geometri kurang. Hasil pengamatan pertemuan II anak yang tergolong sangat baik 8 (40%) orang anak, tergolong baik 12 (60%) orang anak, 0 orang anak yang kemampuan pengenalan geometri cukup, dan 0 orang anak kemampuan pengenalan geometri kurang.Pada siklus I terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,35%, siklus II ini terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,8 %.
Dengan demikian melalui permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabila Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 019
Keywords: PAUD; Gemetri; Permaian Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:32
Last Modified: 14 Jul 2016 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item
View Item