PERANAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI APARATUR PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT MEDAN HELVETIA.

Syahfitri, Indri (2016) PERANAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI APARATUR PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT MEDAN HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
01. COVER_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 04. UCAPAN TERIMA KASIH_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
04. UCAPAN TERIMA KASIH_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 05. KATA PENGANTAR_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
05. KATA PENGANTAR_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR ISI_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR ISI_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR TABEL_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR TABEL_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR GAMBAR_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR GAMBAR_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
09. BAB I_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
13. BAB V_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA_INDRI SYAHFITRI_1113171009.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Pelayanan yang berkualitas merupakan dambaan setiap orang, ironisnya hingga kini harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas belum sepenuhnya dapat terpenuhi khusunya pelayanan di Kelurahan, Kecamatan maupun di instansi pemerintah lainnya. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan diklat pelayanan prima bagi aparatur pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan diklat pelayanan prima dalam meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik di Kantor Camat Medan Helvetia.
Beberapa kriteria Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang dapat mendukung peningkatan kualitas pelayanan adalah aparatur yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan publik yang antara lain (a) komitmen; (b) integritas; (c) tanggung jawab; (d) kecakapan dan keramahan; (e) mengerti kubutuhan pelanggan; (f) daya tanggap dan empati; (g) serta mempunyai etika dan moralitas yang tinggi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah petugas front liner yang telah mengikuti diklat pelayanan prima tahun 2012 dan 2015, pimpinan dari petugas front liner, dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari petugas front liner yang diteliti. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil analisis data yang diperoleh bahwa diklat pelayanan prima berperan dalam meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik seperti mampu berkomitmen dengan menunjukan sikap lebih mengutamakan masyarakat, melakukan evaluasi pada setiap program pekerjaan. Petugas front liner mampu bersikap konsisten dan dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat. Petugas front liner sudah menggunakan sistem efektif dan efisien, mengaplikasikan materi diklat kedalam pekerjaan, mampu mengoperasikan alat-alat pendukung pekerjaan, menerapkan sistem 3S (senyum, salam, sapa) pada saat memberikan pelayanan, bersikap ramah dan sopan santun baik dalam penampilan maupun perkataan. Petugas front liner mampu menghargai dan tidak membeda-bedakan masyarakat yang satu dengan yang lainnya, mampu memberikan informasi yang tidak terbelit-belit, mampu memprioritaskan pelayanan publik daripada kepentingan pribadi. Petugas front liner mampu menghadapi masalah dan kesulitan yang muncul, mampu menyikapi masyarakat yang kompain, serta mampu bekerjasama dengan petugas yang lain. Kesimpulan hasil analisis data diperoleh bahwa pendidikan dan pelatihan (diklat) pelayanan prima sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik dalam melayani masyarakat di Kantor Camat Medan Helvetia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PLS 020
Keywords: Kompetensi; Pelayanan Prima; Standar Pelayanan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jul 2016 03:06
Last Modified: 14 Jul 2016 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item
View Item