UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI PAUD CERIA DESA KUTA PINANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016

Sinaga, Rayani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI PAUD CERIA DESA KUTA PINANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01.Cover.pdf]
Preview
Text
01.Cover.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 02.Lembar Persetujuan.pdf]
Preview
Text
02.Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 03.Abstrak.pdf]
Preview
Text
03.Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 04.Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
04.Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 05.Ucapan Terima kasih.pdf]
Preview
Text
05.Ucapan Terima kasih.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 06.Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
06.Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 07.Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
07.Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08.Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
08.Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 09.Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
09.Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 10.BAB I.pdf]
Preview
Text
10.BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 14.BAB V.pdf]
Preview
Text
14.BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 15.Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15.Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam mengenal bentuk-bentuk geometri masih rendah karena kurangnya kegiatan yang dapat merangsang daya pikir secara interaktif di PAUD Ceria Desa Kuta Pinang Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 melalui metode bermain demonstrasi.
Kemampuan Kognitif menurut Cavanagh (dalam Agustin dan Muslihuddin 2008:11) “Koginitif merupakan bagian intelegensi yang merujuk pada penerimaan, pemikiran, pengingatan, pengkhayalan, pengambilan keputusan, dan penalaran”. Metode demonstrasi menurut Sumantri (dalam Roestiyah 2008:82) adalah “cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru dan kemudian diikuti oleh anak”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun (kelompok A) berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan metode demonstrasi . Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri melalui metode demonstras anak secara keseluruhan pada tiap siklusnya yaitu Siklus I dalam dua kali pertemuan meningkat sebesar 6,67% yaitu dari 58,89 % menjadi 65,56%, dan pada akhir Siklus II kemampuan rata-rata seluruh anak sudah mencapai mencapai 84,44%, dimana tingkat kemampuan ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu ≥84%. Disimpulkan bahwa metode demonstrasi meningkatkan kemampuan kognitif danak usia 4-5 tahun dalam mengenal bentuk-bentuk geometri di PAUD Ceria Desa Kuta Pinang Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PLS 017
Keywords: Geometri; PAUD; Metode Demontarsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jul 2016 01:52
Last Modified: 14 Jul 2016 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6063

Actions (login required)

View Item
View Item