PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MTS SWASTA DARUL MURSYID TAPANULI SELATAN

Walad, Husnil (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MTS SWASTA DARUL MURSYID TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan, Persetujuan & Tidak Plagiat.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. Bab I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia Macromedia Flash lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia PowerPoint. (2) Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki gaya berpikir abstrak lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya berpikir konkrit. (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran dan gaya berpikir dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Darul Mursyid tahun pembelajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 37 butir soal (2) Lembar gaya berpikir belajar siswa sebanyak 15 item. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan uji Anava 2x2 sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dari hasil perhitungan yang diperoleh yang dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa rara-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Multimedia Macromedia Flash adalah 26.36, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia PowerPoint 22.5. Hal ini dapat ditunjukkan dari Fhitung = 9.881 ˃ Ftabel = 4,00, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, (2) perhitungan yang diperoleh yang dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya Berpikir Abstrak adalah 29.95, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya Berpikir Konkrit adalah 20.00. Hal ini dapat ditunjukkan dari uji ANAVA yaitu Fhitung = 42.278, sedangkan Ftabel = 4.00. karena Fhitung ˃ Ftabel maka H0 ditolak, dan Ha diterima. (3) diperoleh hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dilihat hasil uji ANAVA yaitu Hasil Belajar siswa adalah Fhitung = 0.000, sedangkan Ftabel = 4.00. karena Fhitung < Ftabel maka H0 diterima, artinya Tidak Terdapat interaksi penggunaan multimedia dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid K., Abdul195802221981031001
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707031986011001
Call Number: 372.652 1 Wal p
Keywords: Multimedia; Gaya berpikir; Bahasa inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item