PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN DAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KELAS X TKR SMK SWASTA MANDIRI TAHUN 2015/2016.

Zuhud, Mhd.Harris (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN DAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KELAS X TKR SMK SWASTA MANDIRI TAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5103321025 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 5103321025 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 5103321025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 5103321025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 5103321025. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 5103321025. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 5103321025. PREFACE .pdf]
Preview
Text
04. NIM. 5103321025. PREFACE .pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 5103321025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 5103321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 5103321025. TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 5103321025. TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 5103321025. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 5103321025. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 5103321025. APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 5103321025. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 5103321025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 5103321025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5103321025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5103321025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5103321025. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5103321025. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan CTL pada kompetensi dasar K3 di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Mandiri Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR yang terdiri dari 2 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara intact group atau menggunakan kelompok yang sudah ada, dengan mengambil 2 kelas, X TKR1 sebagai kelas yang diajar dengan Model PBL dan X TKR2 sebagai kelas yang diajar dengan Model CTL. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 30 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada 2 (dua) kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk memperoleh data awal untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar dalam penelitian ini dan untuk mengetahui kemampuan kedua kelas tersebut apakah sama atau tidak. Setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statistik uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas PBL dan kelas CTL memiliki kemampuan awal yang hampir sama, ditunjukkan dengan peroleh rata - rata nilai pretest dari kelas PBL 40,89 dan kelas CTL sebesar 40,79. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas X TKR1 yang menggunakan model PBL hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas X TKR2 yang menggunakan model CTL. Ditunjukkan dengan perolehan rata - rata nilai posttest dari kelas PBL 76,1 dan kelas CTL sebesar 69,76. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,01 dan dk 69 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (3,95 > 2,39) maka H0 ditolak, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar K3 siswa kelas X TKR SMK Swasta Mandiri yang menggunakan model PBL dan CTL Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSN 055
Keywords: odel Pembelajaran, Problem Based Learning; Contextual Teaching And Learning; Hasil Belajar; Keselamatan;Kesehatan Kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jun 2016 06:52
Last Modified: 21 Jun 2016 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item
View Item