PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Windari, Lia (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 3.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9 .BAB I.pdf]
Preview
Text
9 .BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan respon dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pengembangan bahan ajar SMP/MTs berbasis Discovery Learning pada materi Tekanan Zat Cair.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Sampel penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII -2 MTsN Binjai dengan jumlah siswa 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu dengan menggunakan lembar validasi bahan ajar berupa angket dan kemudian di validkan oleh tim ahli, untuk menilai respon siswa pada bahan ajar instrumen yang digunakan berupa angket yang dibagikan pada setiap pertemuan dan untuk melihat hasil belajar siswa digunakan Pretes dan Postes pada setiap pertemuan.
Hasil penelitian diperoleh: Kevalidatan bahan ajar terhadap media dan materi oleh validator diperoleh hasil, yaitu : aspek kelayakan kegrafikan sebesar 76,67 dengan kategori “valid”, aspek kelayakan bahasa sebesar 77,08 dengan kategori “valid”, aspek kelayakan isi sebesar 76,96 dengan kategori “valid”, aspek kelayakan penyajian sebesar 77,56 dengan kategori “valid”, dan aspek penilaian kontekstual sebesar 77,78 dengan kategori “valid” . Respon belajar siswa pada pertemuan I, II, III, IV yaitu: respon rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 64,49% dengan kategori “baik”, pada pertemuan kedua sebesar 70,65% dengan kategori “baik”, pada pertemuan ketiga 76,09 % dengan kategori “baik”, dan pada pertemuan keempat sebesar 82,01 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan gain ternormalisasi, hasil yang diperoleh yaitu gain pertama sebesar 0,64 kategori “sedang”, gain kedua sebesar 0,741 kategori “tinggi”, gain ketiga sebesar 0,818 kategori “tinggi”, dan gain keempat sebesar 0,847 kategori “tinggi”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 532.207 12 Win p
Keywords: Hakikat belajar; Bahan ajar; Modul; Pembelajaran discovery; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jun 2016 08:57
Last Modified: 20 Jun 2016 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item
View Item