PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI KELAS XI SMK NEGERI 5 MEDAN

Sihombing, Daniel N.N (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI KELAS XI SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113131014 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113131014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113131014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113131014 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113131014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5113131014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flashlebih efektif terhadap pembelajaran instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 5 Medan yang terdiri dari 5 siswa kelompok kecil dan 10 siswa kelompok besar. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik yang dikemas dalam bentuk cd interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 3,83 dan dinyatakan“baik/efektif”dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,63 dan dinyatakan“sangat baik/sangat efektif”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian tahap I memiliki rata-rata sebesar 4,39 dan dikategorikan “Sangat Baik/sangat efektif” dan pengujian tahapII memiliki rata-rata sebesar 4,47 dan dikategorikan “Sangat Baik/ sangat efektif”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan Sangat Efektif untuk dijadikan media pembelajaran materi Instalasi Tenaga Listrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Wanapri196404011990031004
Call Number: SK-2016 ELK 007
Keywords: Multimedia;Media Pembelajaran; ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item