PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ambarita, Pretti Tm (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146175027 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146175027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146175027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146175027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146175027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146175027 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146175027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146175027 PRODUCT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146175027 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8146175027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146175027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8146175027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah dan menganalisis apakah perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada uji terbatas dengan memakai satu kelas dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Analysis Design Development Implementation and Evaluation (ADDIE). Metode ADDIE ini digunakan sebagai metode untuk mendesain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah. Tiga tahapan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS seperti pada tim ahli, kelompok kecil, dan uji lapangan. Penilaian tim ahli didasarkan pada aspek format, isi, dan bahasa. Pada kelompok kecil dan uji lapangan berdasarkan respon siswa. Khusus pada penilaian perangkat pembelajaran RPP respon siswa berisi penilaian siswa terhadap kemampuan guru mengajar. Penilaian perangkat pembelajaran LKS berdasarkan aspek format, isi, dan bahasa. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretes dan postes dianalisis dengan uji n-gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang divalidasi oleh tim ahli pada aspek format, isi, dan bahasa. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS pada kelompok kecil dan uji lapangan dengan kategori baik. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan I hingga ke pertemuan III dari kategori rendah ke sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Thesis advisorSani, Ridwan A.196106261988031017
Call Number: 530.071 2 Amb p
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Perangkat pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5829

Actions (login required)

View Item View Item