PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Habiby, Fachrini (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113144013 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113144013 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113144013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113144013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113144013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113144013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113144013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113144013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113144013 BAB I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113144013 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113144013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar anatomi fisiologi siswa yang diajarkan dengan metode ceramah (2) mengetahui hasil belajar anatomi fisiologi siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran probing-prompting, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar anatomi fisiologi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 72 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu metode pembelajaran probing-prompting (X), dan hasil belajar anatomi fisiologi (Y). Berdasarkan hasil penelitian, Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran probing-prompting, diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 77,86, dibanding dengan kelas kontrol dengan rata-rata 64,81. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postest diperoleh t hitung sebesar 5,848 dan t tabel sebesar 1,994 (dari tabel distribusi t). Sehingga diperoleh t hitung > t tabel (5,848 > 1,994), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan penerapan metode pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar anatomi fisiologi pada siswa kelas X Tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFridiarty, Lelly19581213196012001
Call Number: SK-2016 RIAS 011
Keywords: Metode Ceramah; Anatomi Fisiologi; Jenis Kulit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item